Senin, 11 Februari 2013

Wisata indah di Banten



Indonesia merupakan tempat wisata terindah di dunia yang masuk 10 besar,sailah satu tempat di Indonesia yang indah adalah Banten

Air Terjun: Curug Gendang
Curug Gendang merupakan tempat yang cukup bersejarah bagi perjuangan bangsa pada masa penjajahan Belanda dahulu. Menurut cerita orang-orang sekitar, Tempat Wisata Alam (TWA) yang saat ini banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara ini sempat dipakai sebagai wilayah persembunyian para pahlawan saat peperangan.
Berada di ketingian 170 meter dari permukaan laut dan jauh dari keramaian kota, suara gemuruh air terjun yang mata airnya berasal dari hulu Gunung Pangajaran terasa sangat mempesona. Air terjun setinggi 7 meter dengan kedalaman 13 meter dan luas 10 meter yang berada di daerah Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang itu bernama Curug Gendang.
Curug berarti air terjun dan menurut kepercayaan penduduk setempat, suara jatuhnya air terjun itu mirip sekali dengan suara tambur atau gendang. Maka air terjun yang semula bernama Curug Citajur itu lebih dikenal dengan sebutan Curug Gendang.Dari jalan raya Carita, dengan jarak 2 kilometer untuk menuju Curug Gendang, diperlukan waktu sekitar 30 menit berkendaraan. Tapi kemudian kendaraan harus ditinggalkan di area parkir dan pengunjung yang ingin menikmati jernihnya air Curug Gendang mesti rela ber-off-road ria alias berjalan kaki. Hati-hati, jalan setapak yang ditempuh berbatu juga licin, karena kelembaban hutan dataran rendah yang selalu membasahi jalan.Sekitar satu kilometer perjalanan berliku, menanjak dan menurun menuju lokasi akan menjadi pengalaman penjelajahan tersendiri karena sepanjang perjalanan pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan yang terhampar. Berbagai macam tanaman yang tumbuh liar, seperti pohon durian dan sebagainya membawa suasan sejuk yang alami. Kicauan suara burung juga aneka satwa seperti monyet yang berkeliaran juga memberi kesan keasrian lokasi Curug Gendang.Tidak hanya itu, jalan setapak di antara punggung-punggung gunung di pinggir jurang menuju curug juga memberikan pemandangan lautan yang terbentang luas, hijaunya pepohonan di kaki bukit bahkan Gunung Krakatau yang tampak dikejauhan. Panorama alam yang patut diabadikan.

                                                              Kampung Sampireun, Garut


Kampung Sampireun terletak di Ciparay, desa Sukakarya, Garut, Jawa Barat. Kampung Sampireun ini menawarkan semua kesederhanaan sekaligus kenyamanan fasilitas yang Anda butuhkan untuk bulan madu Anda. Jika Anda ingin merasakan suasana pedesaan khas Sunda, lengkap dengan bale-bale, masakan Sunda, dan musik Sunda, maka Kampung Sampireun bisa menjadi pilihan tempat bulan madu. Pemandangan yang indah dan lingkungan yang tenang, udara bersih dan segar itu menjadikan resor ini tempat yang tepat untuk pasangan yang berbulan madu.

                                                        Tanjung Lesung


tanjung Lesung terletak di kawasan pantai barat Selat Sunda, tepatnya di Desa Tanjung Jaya, Pandeglang, Banten. Resor ini dapat dijadikan alternatif tujuan bulan madu Anda dengan pasangan tercinta, ditempuh selama 3,5 jam dari ibu kota Jakarta lewat Pandeglang. Suasana disini begitu memikat dengan pesona keindahan biru lautnya dan pasir putih yang terhampar luas. Menikmati keindahan laut yang begitu cantik serta air laut yang amat jernih sehingga bisa terlihat ikan-ikan yang berenang melewati terumbu-terumbu karang. Beragam aktivitas olahraga air terdapat di sini, seperti: Banana Boat, Jet Ski, hingga berpetualang menelusuri Gunung Krakatau.

                                                            Pulau Umang


Pulau Umang terletak di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Tempat ini cocok untuk lari dari kebisingan kota sekaligus menikmati indahnya momen bulan madu. Di pulau ini, terdapat resor yang ditata dengan sentuhan artistik alami. Keindahan laut yang dikelilingi pegunungan makin menambah suasana romantis saat berbulan madu.

                                            Taman Nasional Ujung Kulon


Sudah hampir dua abad kawasan taman nasional ujung kulon dikenal sebagai kawasan konservasi cagar alam liar, dan pada awal 90-an kawasan ini difungsikan sebagai habitat asli hewan hewan yang sudah terancam punah, seperti konservasi bagi mamalia yang tersisa seperti badak jawa yang hanya ditemukan 35 ekor saja, daratan hutan hujan tropis yang hijau lebat sepanjang tahun, serta beragam vegetasi tumbuhan yang kaya, membuat lokasi ini sulit dijamah, kesan lebat dengan daratan dominan ekosistem rawa yang ditumbuhi rapatnya pohon pohon ratusan tahun.
 Mendapat pengakuan UNESCO (1991) merupakan angin segar untuk kelangsungan cagar alam ini selain mendapat bantuan dana serta dukungan teknis, hal terpenting memperkenalkan taman nasional ujung kulon sebagai kawasan konservasi kepada dunia luas lewat unesco yang bernaung sebagai salah satu organisasi Pbb.


                                                             Pantai Anyer


Liburan ke pantai memang selalu menyenangkan. Angin sepoi-sepoi, pemandangan yang indah, dan air laut yang jernih selalu menggoda kita untuk datang kesana. Nah, bagi anda yang tinggal di daerah Banten tentu sudah tidak asing lagi dengan Pantai Anyer. Iya, ini adalah salah satu pantai favorit di wilayah tersebut. Bagi anda yang kebetulan berada di Pulau Jawa, juga bisa menyempatkan diri datang kesana. Keindahan pantai Anyer tidak kalah lho dengan pantai Kuta di Bali. Jadi bagi anda yang belum punya kesempatan untuk berlibur ke Kuta Bali, bisa datang dulu ke Anyer. Salah satu pemandangan menarik disini adalah Gunung Krakatau dan mercusuar tua yang kaya nilai sejarah. Pantai Anyer menghadap ke barat, jadi anda bisa melihat Gunung Krakatau dan matahari terbenam pada waktu yang bersamaan. Selain itu, Pantai Anyer juga memiliki pasir putih yang sangat indah. Di siang hari anda akan melihat pasir-pasir ini memantulkan cahaya putih terang, membuatnya terlihat sangat eksotis.

                                                           Pantai Carita


Selain karena keindahan pesona alamnya, lokasi Pantai Carita yang berada di tepi Jl. Carita-Labuan membuat lokasi wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun asing. Kawasan wisata pantai itu biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan pada akhir pekan atau hari-hari libur.
Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini adalah hamparan pasir putihnya di pantai yang landai. Selain itu, tumbuhan khas pantai yang banyak tumbuh di sekitar pantai tersebut turut menambah asrinya pemandangan di sana. Pesona alam yang indah ini menjadi semakin lengkap dengan adanya Sungai Cikembang dan Sungai Cimeti yang berair jernih dan tampak serasi dengan hijaunya perbukitan yang menjadi latarnya.


                                                          Pantai Sawarna


Pemandangan keindahan alam membentang menghadap Samudera Hindia. Pantai yang begitu bersih dengan pasir putihnya, deburan ombak biru jernih, dan berbukit hijau nan lebat. Panjang bibir Pantai Sawarna ini mencapai panjang 65 km dan dihiasi karang dan pasir putih. Pantai ini adalah salah satu pantai terindah yang ada di Banten.
Pantai yang memiliki nama Sawarna ini berada di sebuah desa pesisir yang memiliki berbagai macam objek wisata menarik untuk dikunjungi lainya seperti pantai, sungai, hutan, panjat tebing, goa, dan masih banyak lagi. Pantai ini memiliki kaitannya dengan kisah mistis Nyai Roro Kidul dan ekploitasi batu bara di Bayah dan Lebak oleh penjajah.
Banyak orang yang belum mengetahui pantai ini, Pantai Sawarna mempunyai pesona yang sangat menarik. Sawarna menyajikan pantai yang landai dengan pasir putih yang begitu bersih. Di sepanjang bibir pantai, terdapat karang besar yang indah, biasanya oleh masyarakat sekitar disebut dengan Tanjung Layar. Anda juga dapat merasakan keasikan snorkeling untuk melihat beragam ikan hias dan terumbu karang

                                                        Gunung Krakatau


Salah satu wisata Banten yang menarik adalah wisata alam yang bisa dilihat dari Gunung Krakatau. Gunung Krakatau terletak di tengah-tengah selat Sunda dan mudah dicapai dengan memakai speedboat dari pantai Anyer ataupun pantai Carita. Gunung Krakatau dikenal di seluruh dunia dikarenakan letusan yang dibuatnya pada tahun 1883.
Awan panasnya terus keluar selama seminggu setelah letusannya dan pengaruh dari letusan gunung ini mencapai wilayah Australia Barat, Kolombo bahkan hingga ke benua Eropa. Pada tahun 1928 lalu, anak gunung Krakatau muncul di permukaan laut untuk pertama kali dan masih terus aktif sampai dengan saat ini. Memang gunung ini pernah meletus pada tahun 2007 silam tapi tidak mengurangi keindahan yang dapat dilihat dari atas gunung Krakatau ini. Itulah sebabnya mengapa banyak wisatawan yang menjadikan gunung Krakatau sebagai salah satu obyek wisata yang wajib dikunjungi saat mengunjungi daerah Banten. Keindahan yang diberikan dari atas gunung ini menjadi alasan tersendiri yang membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya.

                                                                 Rawadano


Objek wisata yang dijuluki dengan sebutan Rawadano ini berada di kabupaten Serang, dan berjarak 101 km dari Jakarta. lokasi ini merupakan kawasan yang didominasi rawa-rawa, juga terdapat sebuah danau. Luas kawasan ini sekitar 2.500 ha yang ditumbuhi oleh berbagai jenis pohon.
 Pulau yang juga dikenal sebagai objek wisata ini menjadi tempat bersarang bagi aneka jenis binatang reptil, seperti ular dan buaya. Tidak kurang dari 250 jenis burung bermukim di kawasan ini. Kita dapat mencapai lokasi ini melalui tiga jalur, yaitu;
• Jakarta - Cilegon - Anyer - Rawaadano,
• Jakarta - Serang - Padarincang - Rawadano, dan
• Jakarta - Serang - Anyer - Cinangka - Padarincang - Rawadano.

Pantai Karang Bolong

Kita tidak dapat memungkiri bahwa liburan itu penting untuk menyegarkan pikiran kita, dan tentunya merencanakan liburan yang baik adalah salah satu jalan agar pikiran kita kembali segar. Karena jika liburan tidak direncanakan dengan baik, bukannya segar pikiran kita malah nantinya tambah pusing. Ok sobat traveller semua, tau dong kawasan Anyer, SerangBanten? daearh yang banyak pantainya, dimana hamparan pasir putih bisa kita lihat disebelah kanan jalan jika kita datang dari arah Jakarta. Nah, kali ini kita akan membahas salah satu pantai. Yang sebenarnya letaknya tidak tepat di pantai anyer tapi masih kesana lagi yaitu pantai Karang Bolong.
Apa? karang bolong? benar sobat, karang bolong. Pantai yang terkenal dengan sebuah karang besar yang tengahnya bolong. Dimana konon katanya karang besar itu bolong disebabkan letusan gunung merapi pada tahun 1883. Pantai karang bolong merupakan salah satu destinasi favori Letaknya tidak jauh, hanya sekitar 50 Km dari kota serang. Dan dari Jakarta hanya sekitar 140 Km. karena jaraknya yang dekat dengan ibu kota Jakarta ini. Tidak heran jika setiap minggunya pantai ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan.
Pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa. Panorma pantainya memang sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto ria. Karena memang karang besar yang ada di pantai ini sangat eksotik dan memiliki daya tarik tersendiri. Tidak jarang pula pantai ini sering dijadikan tempat untuk event fotografi. Selain memiliki pantai  yang indah dan hamparan pasir putih, kalian juga bisa melihat gunung krakatau dari pantai ini jika cuacanya sedang cerah dan tidak berkabut.

                                             Pulau Dua atau Pulau Burung


Ojek wisata Pulau Dua atau juga dikenal dengan sebutan Pulau BurungDaya ini memiliki daya tarik yang unik jika dibandingkan dengan objek wisata lainnya yang terdapat di provinsi Banten.Daya tarik utama objek wisata ini ini adalah keindahan alam laut berupa gugus karang, berbagai jenis ikan laut, dan tentu saja berbagai jenis burung. Luas kawasan Pulau Dua atau Pulau Burung diperkirakan kurang lebih sekitar 30 ha. Setiap tahun antara bulan April dan Agustus, objek wisata Pulau Dua ini dikunjungi oleh 1000 burung dari 60 jenis yang berasal dari berbagai negara.
Sekitar 40 ribu burung-burung itu terbang dari benua Australia, Asia, dan Afrika. Pulau Dua bisa dicapai dengan perahu tradisional atau perahu motor dalam waktu 15 s.d. 30 menit melalui daerah Sawah Luhur, Kasemen. Di kawasan ini, telah tersedia sarana jaringan listrik, telekomunikasi, dan air bersih.

2 komentar:

  1. terimakasih kang informasinya :)

    sekedar info tambahan, saat ini wilayah Banten dan sekitarnya sudah memiliki website jual beli online, dimana user dapat dengan mudah mempromosikan produk, barang, atau jasa yang mereka jual dengan cara pasang iklan gratis di http://tokobanten.com

    BalasHapus